Jumat, 12 November 2010

JARINGAN TANPA KABEL

klo udah belajar... kenapa nga kita peraktekin aje buat jaringan???... uhhh kudu peraktek emang klo ngomongin soal komputer ape lagi klo ngomongin jaringan uhhh sip pake telor hhehehehhhhh..

tapi klo kite praktekin mungkin sengak-engak nya kite ngerti dunia IT... BETUL bgt deh... klo udeh ngomongin jaringan MEMANG BOLEH..^ ^ yupz kita coba..

Perangkat Jaringan Nirkabel
untuk ini gw mau jelasin membangun PERANGKAT JARINGAN NIRKABEL ayyyooo semangat dong.. pertama gw jelasin dulu ye ape itu jaringan nirkabel, "Jaringan Nirkabel" atau disebut WLAN yaitu sebuah jaringan area lokal yang menggunakan media gelombang sinyal. Biasanye nih jaringan internet pencinta laptop atau notebook ehhmm sekarang kan Zaman nye serba ringkas dan praktis jadi laptop cukup praktis SO bukan berarti komputer ketinggalan zaman... tetep komputer adalah segalanye..

oke deh LAN nirkabel adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antar perangkat komputer.... ini menggunakan titik akses yang merupakan dasar transiver radio dua arah yang memiliki tripikal yang bekerja di banwith 2,4 GHz (802.11b,802.11g) atau 5 GHz (802.11a). kebanyakan pengguna mempunyai kualitas Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP atau dan WPA.

Jaringan Nirkabel ini biasanya disebut jaringan tanpa kabel hhhiiiihh ehm emang dunia dah canggih mpe disulap (bukan sulap bukan sihir) jaringan dah nga pake kabel dengan memanfaatkan sinyal frekuensi... keren kan^ ^ dengan sistem jaringan WIFI atau Wireless tidak perlu lagi memerlukan kabel yang menghubungkan antar komputer, dengan wireless network hanya saja dibutuhkan ruang dimana jarak jangkawan jaringan network dibatasi dengan kekuatan sinyal frekuensi yang dipancarkan..

keuntungannye nih dari sistem WIFI adalah pemakaian tidak dibaasi ruang gerak dan hanya dibatasi jarak jangkauan dari sistem titik pemancaran sinyal yang di pancarkan oleh si WIFI tersebut.. topologi nye wireless LAN ade 2 macem topologi dalam menghubungkan PC dengan sistem Wireless ini.. wooww yaitu :

  • Adhoc, ini tugasnye jaringan yang menghubungkan PC dengan PC yang lain berdasarkan nama SSID yang kepanjangan nye Service Set IDentifier dah tau kan nah si SSID ini adalah nama sebuah perangkat komputer yang memiliki card, USB, atau perangkat wireless yang masing-masing di kasih name tersendiri sebagai identitas nye.
  • Access point, sebelumnye mungkin teman2 deh pernah denger access point nah access poin ini adalah sistem jaringan yang terbentuk dari sistem yang berupa PCI Card atau sebuah unit hardware yang memiliki fungsi . Access point untuk melakukan broadcast ke beberapa komputer client pada jarak radius tertentu.
Standar nye wireless LAN

standar wireless LAN yang lazim dipakai 802.11a, 802.11b, dan 802.11g
gw mau jelasin yang 802.11a adalah model awal yang dibutuhkan untuk umum mungkin yang standarnya menggunakan kecepatan 54 Mbps dan dapat mentransfer data hingga kemampuan bandwidth 72 Mbps atau 108 Mbps, 802.11a ini menggunakan frekuensi hingga 5 GHz.. klo ngomong soal harga uhh harga yang dipasarkan di pasaran mungkin agak mahal so ini dibuat khusus untuk publik yang dapat menembus ruang kantor...^ ^

nah untuk 802.11b ini menggunakan frekuensi 2.4 GHz, 802.11b ini membuming yang sempat tenar oleh pemakaian di dunia dan masih exsis sampe sekarang.. waw ade sejarah nye juge... standar 802.11b ini hanya memiliki kemampuan tranmisi dengan 11 Mbps atau rata-rata 5 MBbit/s

klo untuk 802.11g ini cukup kompatibel dengan menggunakan frekuensi 2.4 GHz yang mampu mentransmisi hingga 54 Mbps bahkan dapat mencapai 108 Mbps, secara mampu mengirim data kurang lebih hingga 20 MBbit/s atau 4 kali lebih cepat dari tipe b dan sedikit lambat klo dibandingin dengan tipe a..

nah sekarang gw jelasin penggambaran pemasangan jaringan nirkabel
Di atas gambar sekema ilustrasi nah selanjutnye melihat Modem kabel yang menampilkan MAC Address



nah abis itu balu ketik cmdklo udah baru ketik ipconfig/all
nah baru keliatan ip address yang sudah di konfigurasikan

nah disitu akan keliatan MAC Address termasuk device lo yg lain2. WiFi-Card, LAN-Card, ampe Bluetooth. baru kita liat LAN Card Physical Address (MAC Address)
disini terlihat menu yaitu setup | wireless | security | Acess Restricte | Apps Gamming | Administration | Status abis itu lo klik bagian MAC Address Clone

nah klo udah lo enable dulu abis itu isi klik Clone Your PC's MAC abis itu Save Settings
abis itu Setup | Basic Setup lalu pilih mode Automatic Configuration-DHCP


nah akan muncul menu seperti gambar di bawah ini, jika belum terisi semua bisa di klik DHCP Release dan DHCP Renew
untuk memastikan klik Local Network
nah selamat mencoba jika ada info yang gw berikan gw minta maaf karena gw juga masih belajar den belajar kesalahan hanya datang dari gw tapi kesempurnaan hanya milik allah kita kembalikan semuanya pada maha yang kuasa... thanks allah...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar